Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blogroll

Post Icon

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Terdapat berbagai macam pelapisan sosial yang bisa kita temui di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai hal dalam hal apapun pasti tidak luput dari perbedaan dalam pemberian, kesetaraan, kesamaan dan juga pembagian yang setimbang dengan lainnya.

" Apa arti dari Pelapisan Sosial itu?"
Pelapisan sosial sendiri dapat diartikan sbagai pembedaan penduduk / masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat / hierarkis, dapat diketahui dengan adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah. Pelapisan sosial merupakan gejala yang umum di dalam suatu masyarakat dimanapun dan kapanpun selalu ada. Dari dulu hingga sekarang, pelapisan sosial itu sudah ada dan akan tetap ada.
" Apa yang membuat Pelapisan Sosial itu terbentuk? "
  • Faktor Kekayaan
Kekayaan dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial. Untuk yang mempunyai kekayaan lebih banyak maka berada di lapisan yang lebih tinggi, begitu pula sebaliknya.
  • Faktor Kekuasaan
Dengan adanya kekuasaan yang lebih tinggi dan besar akan menempati lapisan yang lebih atas. Faktor kekayaan bisa dihubungkan dengan kekuasaan karena dengan adanya uang maka bisa mendatangkan kekuasaan.
  • Faktor Ilmu Pengetahuan
Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi akan menyandang gelar. Dengan adanya gelar tersebut seseorang akan terlihat lebih tinggi derajatnya dibandingkan yang lain, dan akan lebih dihargai.
  " Bagaimana Contoh Adanya Pelapisan Sosial di Indonesia ? "
Di indonesia, negara kita ini juga terjadi pelapisan sosial di kalangan masyarakat.
Sbagai contoh adalah kasus hukum di negara kita ini, perbedaan diantara kalangan atas dan kalangan bawah begitu mencolok. Kejahatan yang dilakukan oleh para pejabat negara seperti korupsi sangat sulit dijerat dan di tangkap jika dibandingkan kejahatan yang dilakukan oleh rakyat biasa.
Dari contoh tersebut, terlihat sangat mencolok bahwa kalangan atas mempunyai kewenangan dan kekuasaan yang lebih ketimbang kalangan bawah karena semuanya bisa dibeli dengan kekayaan.
" Apa Maksud dari Kesamaan Derajat? "
Kesamaan Derajat adalah sifat yang menghubungkan antara manusia dan lingkungannya, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara. Kesamaan derajat terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai faktor kehidupan. Kesamaan derajat terkadang membuat orang menjadi berwibawa dan disegankan di sekitar lingkungannya, karena mereka tidak ingin diberlakukan tidak adil terhadap semua yang akan dilakukan / dilaksanakan oleh orang itu.
" Apa Hubungan antara Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat? "
Kedua hal ini sangat berkaitan satu sama lain. Pelapisan sosial diartikan sebagai pembeda antar kalangan dalam masyarakat, antara kalangan yang tinggi dengan yang rendah. Sedangkan kesamaan derajat adalah sesuatu yang membuat semua masyarakat berada pada kelas yang sama, memiliki kedudukan yang sama dan memiliki hak yang sama, tidak ada yang membatasi satu sama lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar